Sunday, February 17, 2013

Pembuatan Tombol



Dalam flash diberikan fasilitas yang sangat banyak untuk pembuatan tombol sehingga dapat dibuat tombol yang interaktif yang berbeda dengan tombol-tombol pada umumnya. Tombol bisa kita gunakan untuk membuat link dari satu halaman ke halaman yang lain atau juga digunakan untuk fungsi-fungsi yang lain sehingga web kita lebih interaktif. Agar suatu obyek bisa berubah menjadi tombol dan dapat diberi fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan tombol maka obyek tersebut harus diubah lebih dahulu menjadi symbol


Mengubah Obyek Menjadi Symbol
Untuk mengubah suatu obyek menjadi tombol maka blok terlebih dahulu obyek yang akan dijadikan tombol lalu pilih menu Modify > Convert to symbol dan pilih Button.
Berilah nama tombol yang dapat ditulis pada Name kemudian klik OK. Hal ini akan mempermudah apabila akan mempergunakan tombol yang sama untuk lokasi berbeda dengan cara mengambil melalui Lybrary. Tanda bahwa obyek tersebut telah dikonversi kedalam symbol yaitu muncul garis tepi persegi berwarna biru muda.

Memanipulasi Tombol
Memanipulasi Tombol Tombol yang interaktif biasanya berubah-ubah sesuai dengan kondisi mouse. Misalnya mouse berada di atas tombol maka bentuk atau warna tombol berubah. Kemudian jika tombol di klik maka bentuk atau warna berubah lagi yang lain. Untuk membuat hal tersebut klik kanan tombol yang akan dimanipulasi, kemudian pilih Edit. Jika telah dipilih option Edit maka obyek tombol yang di klik tersebut akan masuk ke dalam ruangan tersendiri khusus untuk memanipulasi tombol yang dipilih tersebut. Di dalam edit stage tersebut di bagian timeline bentuknya berubah menjadi seperti disebelah kanan ini.
Ditempat tersebut tedapat empat pilihan frame yaitu Up, Over, Down,Hit.

  • Up : bentuk tombol pada saat mouse berada di luar tombol.
  • Over : bentuk tombol pada saat mouse berada di atas tombol.
  • Down : bentuk tombol pada saat mouse menekan tombol.
  • Hit : untuk menentukan luas area dari tombol.

Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buka image baru dengan ukuran 550 x 400 pixels, white.
  2. Buat obyek di dalamnya misalnya lingkaran.
  3. Blok lingkaran lalu klik menu Modify > Convert to Symbol kemudian pilih Button.
  4. Klik kanan dan pilih Edit. Pada bagian time line akan muncul key frame pada bagian Up yang lain masih kosong itu artinya adalah obyek yang dibuat pertama kali sebagai tombol secara default akan menjadi bagian Up yaitu keadaan tombol pada saat mouse berada diluar area tombol. Kita bisa mengganti bentuk atau warna tombol pada bagian Up.
  5. Jika pada bagian Over menggunakan obyek yang sama nengan pada Up maka isikan key frame pada over, dengan cara klik kanan frame over dan pilih Insert keyframe. Dapat juga diberi perubahan seperti berikut:
  6. Langkah yang sama juga dilakukan pada bagian down, yaitu pada saat mouse mengklik pada bagian tombol. Disini juga bisa diubah bentuk atau warnanya.
  7. Apabila bagian over akan anda beri animasi suara maka sebelumnya import terlebih dulu sound efect kedalam library dengan langkah pilih menu File > Import > Import to library …. Pilih sound efect yang dikehendaki kemudian klik Open maka sound tadi akan masuk kedalam Library.
  8. Untuk memasukkannya suara kedalam tombol, klik kanan terlebih dahulu tombol yang telah diatur up, over dan down-nya tadi, kemudian pilih Edit maka tombol akan masuk kedalam ruang edit.
  9. Buat layer baru beri nama Sound O, buka sound efek yang ada dalam library dengan cara klik menu Window > Library. Maka akan muncul kotak Library yang didalamnya telah ada sound yang tadi telah anda ambil.
  10. Anda aktif di dalam layer2, Drag salah satu sound kedalam stage (mis. S41.WAV). Kemudian drag awal sound yang ada di up untuk ditarik kedepan sehingga berada pada Over
  11.  Begitu pula untuk pengisian suara pada Down. Buat layer baru beri nama Sound D, buka sound efect yang ada dalam lybrary (mis: BOBM3.WAV) yang telah anda import. Drag ke dalam stage.
  12. Drag frame up pada leyer Sound D dan tarik ke kanan hingga frame down.
  13. Kembali ke halaman utama dengan mengklik tombol Scene.
  14. Untuk mencoba pilih menu Control>test ovie atau tekan Ctrl + Enter, Jika berhasil maka saat mouse di luar tombol, di daerah tombol, dan pada saat mengklik tombol akan menunjukkan perbedaan.

0 comments:

Post a Comment

Post Komentar!!!...